Selasa, Juni 25, 2024
BerandaKESEHATANCuaca Panas, Kadinkes Sarolangun Himbau Masyarakat Terapkan PHBS 

Cuaca Panas, Kadinkes Sarolangun Himbau Masyarakat Terapkan PHBS 

Kadis Kesehatan Kabupaten Sarolangun Bambang Hermanto

KABAR SAROLANGUN – Musim kemarau yang terjadi di wilayah Kabupaten Sarolangun menjadi salah satu perhatian khusus oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, pasalnya kondisi cuaca panas dan polusi udara bisa menyebabkan masyarakat rentan terkena penyakit, salah satunya Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Untuk mengantisipasi munculnya penyakit tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun Bambang Hermanto, S.KM, MM, menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Diantaranya menjaga pola makan yang seimbang, mencuci tangan pakai air bersih, mengkonsumsi air yang sudah dimasak, mengecek kesehatan di pusat pelayanan kesehatan terdekat, menggunakan jamban yang bersih dan membunuh jentik nyamuk di lingkungan rumah.

” Kita harap masyarakat selalu rutin perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga pola makan, air yang digunakan pasti air bersih dan di konsumsi air yang sudah dimasak, karena kita khawatir kondisi cuaca yang saat ini kuman bisa beterbangan,” katanya, Senin (09/10/2023) kepada media ini.

Bambang Hermanto juga menambahkan bahwa untuk mengantisipasi kabut asap yang mulai terlihat dan kondisi kualitas udara yang tidak sehat, masyarakat juga diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, dan bila terpaksa keluar rumah harus disiplin dalam menggunakan masker.

” Kemarin bapak bupati sudah mengeluarkan Surat edaran untuk antisipasi kabut asap karena kita berharap masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah, kedua kalau memang keluar rumah harus memakai masker karena kualitas udara yang tidak sehat,” katanya.

Disamping itu, Ia juga mengatakan bahwa apabila ada anggota keluarga yang terkena penyakit dengan gejala yang muncul agar segera mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan dari para tenaga medis.

” Dan kita himbau puskesmas untuk melakukan penyuluhan kita melaksanakan posyandu, dan ketika masyarakat berkunjung ke puskesmas diberikan masker, dan puskesmas harus buka 24 jam,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU