Dinas LHD Sarolangun Kerahkan 14 Personel Fokus Tangani Sampah Di Pasar Singkut

0
Kadis LHD Sarolangun Kurniawan

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan saat diwawancarai awak media

SAROLANGUN -Dinas Lingkungan Hidup Daerah (LHD) Kabupaten Sarolangun mengerahkan 14 orang personil petugas kebersihan dalam pengangkutan sampah di kecamatan Singkut, khususnya di pasar singkut.

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan mengatakan bahwa hal itu sebagai upaya dalam menjaga lingkungan pasar singkut dan sekitarnya tetap bersih dari tumpukan sampah-sampah yang selama ini dikeluhkan masyarakat.

“Mulai tahun 2022 di kecamatan Singkut sudah kami tempatkan 14 orang petugas yang tadinya pegawai sampah di singkut itu kerja di Sarolangun, tapi untuk sekarang ini sudah difokuskan di Singkut. 14 personil itu terdiri dari 7 pengangkut sampah, 6 orang tukang sapu dan 1 orang supir,” katanya, Selasa (04/01/2022).

Untuk kelancaraan pengangkutan sampah, pihaknya menyiapkan satu unit armada pengangkut sampah di pasar singkut dan sekitarnya.

Akan beroperasi dua kali pengambilan sampah pada pagi dan sore hari artinya dalam satu hari dilakukan pengambilan sampah paling tidak dua kali dalam sehari.

“Kami juga berharap agar masyarakat Singkut itu untuk lebih bijak lagi dan bantu kami untuk membersihkan lingkungan Singkut ini khususnya di pasar singkut ini dari sampah-sampah menumpuk yang kita tahu masalah sampai tidak akan selesai karena volume sampah ini setiap hari meningkat,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat membuang sampah pada tempatnya yakni di Tempat Pembuangan sementara (TPS) yang sudah disiapkan dan membuang sampah pada waktunya di pagi hari dari pukul 06.00 wib sampai pukul 08.00 wib.

“TPS di pasar singkut ada dua titik dan ada beberapa titik TPS di wilayah lainnya sepanjang jalan di Singkut, dan tentunya TPS ini kita maksimalkan,” katanya.

” Di Sarolangun berjalan seperti biasa, tapi beda dengan sebelumnya karena kita ada lakukan tiga kali satu hari di beberapa tempat seperti di dekat Abadi,” kata dia menambahkan.(ks1)