Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHKembali Reses, Hurmin Serap Aspirasi Masyarakat Desa Pulau Lintang

Kembali Reses, Hurmin Serap Aspirasi Masyarakat Desa Pulau Lintang

Anggota DPRD Sarolangun H Hurmin, SE, Kepala Desa Pulau Lintang Mustapa, dan masyarakat desa pulau lintang dalam kegiatan reses tahap I

KABAR SAROLANGUN – Dalam momentum kegiatan reses tahap I DPRD Kabupaten Sarolangun tahun 2023, Anggota DPRD Sarolangun Dapil I (Sarolangun-Bathin VIII) H Hurmin, SE kembali turun langsung ke tengah masyarakat dalam rangka meningkatkan silaturrahmi serta menyerap secara langsung keluhan ataupun aspirasi masyarakat.

Sebelumnya, Hurmin turun ke desa Ladang Panjang, Kecamatan Sarolangun, namun kali ini Ketua Komisi III DPRD Sarolangun itu menyambangi masyarakat di Desa Pulau Lintang, Kecamatan Bathin VIII, Sabtu (11/03/2023) malam.

Bertempat di rumah Kepala Desa Pulau Lintang Mustapa, Kedatangan H Hurmin disambut hangat oleh segenap lapisan masyarakat setempat di tengah hujan yang turun menunjukkan pertemuan tersebut menambah berkah.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BPD Desa Pulau Lintang, Ketua Lembaga Adat Desa, Ketua PKK Desa, Ketua Karang Taruna, Tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Desa Pulau Lintang.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Pulau Lintang Mustopa mengucapkan terima kasih kepada H Hurmin yang telah melakukan reses tahap I ke Desa Pulau Lintang, tentunya merupakan sebagai bentuk kepedulian dalam memberikan solusi atas keluhan bagi masyarakat.

” kami selaku pemerintah desa dan mewakili seluruh lapisan masyarakat menyambut baik kedatangan bapak H Hurmin untuk bertemu langsung dengan masyarakat kami. Harapan kami kepada bapak dan ibu, mari ikuti acara ini dengan seksama, dan kita dengarkan sama-sama paparan bang H Hurmin,” katanya.

H Hurmin saat menyapa masyarakat desa pulau lintang

Sementara itu, Anggota DPRD Sarolangun H Hurmin mengaku sangat bahagia bisa bertemu langsung dengan masyarakat Desa Pulau Lintang, yang tentunya menjadi momentum untuk saling bertukar informasi dalam menampung langsung apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

” Saya sangat senang malam ini kita dapat bertemu bersama-sama di rumah kades ini dalam rangka bersilaturrahmi dan berdiskusi bersama. Apa kira-kira yang menjadi prioritas di desa kita ini apa yang akan kita bangun. Dalam acara ini nanti, saya meminta masyarakat skala prioritas apa, yang memang sangat dibutuhkan di desa kita ini,” katanya.

” Tapi saya minta diingat, tentu ini program perencanaan pembangunan untuk tahun 2024 mendatang. Kita jangan salah, apa gunanya kita duduk reses di rumah kades tapi tidak ada hasilnya, dan tentunya minimal satu buah aspirasi masyarakat bisa terealisasi nanti, mudah-mudahan kita doakan dan perjuangkan bersama-sama,” kata dia menambahkan.

Masyarakat Desa Pulau Lintang Usulkan Pengaspalan Jalan, Pagar Mesjid, Pengerasan Jalan dan Rehab Puskesdes

Dalam kegiatan reses tersebut, Anggota DPRD Sarolangun H Hurmin melakukan dialog interaktif bersama segenap lapisan masyarakat Desa Pulau Lintang. Sejumlah keluhan dan aspirasi pun di sampaikan oleh masyarakat dengan harapan nantinya bisa aspirasi tersebut dapat dicarikan jalan keluarnya.

Salah satu masyarakat desa pulau lintang Tabri saat menyampaikan aspirasi kepada H Hurmin

Tabri, masyarakat setempat mengeluhkan kondisi jalan lingkungan desa yang ada di Desa Pulau Lintang sepanjang lebih kurang 2 Kilo Meter yang kondisinya sudah banyak berlobang dan rusak. ” Kami usul dengan bapak bagaimana cara jalan keluar supaya desa kami ini jalannya bagus,” katanya.

Selain itu, tokoh masyarakat lainnya Dayat pun turut bicara dalam momentum tersebut. Ia menyebutkan dengan kehadiran sosok H Hurmin tentu akan membawa angin segar bagi masyarakat di Desa Pulau Lintang, karena menurutnya setiap kali reses yang dilakukan oleh politikus ulung ini akan membuahkan hasil.

” Saat ini kami jujur yang bisa kami komunikasikan dengan baik hanya bang H Hurmin,” katanya.

Saat ini menurut Dayat, beberapa keluhan masyarakat di desa Pulau Lintang tentunya dalam bidang infrastruktur, diantaranya Pembukaan Jalan Baru, Butuh rehab Puskesdes dan rumah bides.

” Untuk rumah bides di desa pulau lintang ini tidak di tunggu lagi karena tidak layak lagi karena sudah 15 tahun tidak ada rehab, dan ini tentu sangat penting untuk pelayanan persalinan bagi masyarakat disini,” katanya.

Selain itu, ia juga mengharapkan pertemuan pada malam hari ini ada hikmahnya kedepan. Diketahui tahun ini sudah masuk dalam tahun politik, salah satunya akan dilakukan pemilihan legislatif. Hurmin yang saat ini sebagai Bendahara DPW Partai PPP Provinsi Jambi akan maju pada Pileg DPRD Provinsi Jambi.

” H Hurmin ini adalah orang kita lah walaupun tidak satu desa. Dan beliau sudah layak untuk maju di tahun 2024, yang maju di Provinsi Jambi dari partai PPP. Kedepan, harapan saya H Hurmin jadi anggota DPRD provinsi Jambi, soal maju di Pilkada Kabupaten Sarolangun kita lihat nanti, yang penting kita majukan dulu beliau ke Provinsi Jambi,” katanya.

Selain itu, Harun salah satu masyarakat Desa Pulau Lintang Lainnya, dalam kesempatan tersebut meminta agar nantinya ada pembangunan pagar mesjid Desa Pulau Lintang yang saat ini belum memiliki pagar.

” Kami juga usulkan agar pengerasan jalan sepanjang dua kilo meter di lokasi Tanah Khas Desa, yang tentunya akses bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan,” katanya.

Hurmin Jawab Usulan dan Keluhan Masyarakat

Anggota DPRD Sarolangun H Hurmin, SR

Sementara itu, H Hurmin pada malam itu pun menyambut baik keluhan maupun aspirasi yang telah disampaikan oleh masyarakat yang ada di Desa Pulau Lintang. Iapun berkomitmen akan berupaya semaksimal mungkin untuk dapat membantu masyarakat.

Namun tentunya semua itu harus melalui proses yang panjang, maka iapun meminta agar masyarakat bisa bersabar, setidaknya tahun 2024 mendatang bisa diakomodir melalui pokok pikiran (Pokir) dewan.

” Jalan lingkungan untuk pengaspalan, tetap kita coba untuk kita usulkan, dan memang prosesnya panjang, mulai dari Musrenbang desa, reses, Musrenbang kabupaten. Mudah-mudahan malam ini kita giring, dan kita upayakan,” katanya.

” Soal Puskesdes, ini aset Kabupaten. cuman tidak layak pakai, kalau ada anggaran di Kabupaten, bangun baru, dan tanahnya sudah ada, mudah-mudahan bisa di realisasikan, anggarannya mungkin berkisar Rp 300 juta sampai Rp 400 juta,” kata dia menambahkan.

Terkait usulan pembukaan jalan baru, H Hurmin pun tentu mendukung hal tersebut namun perlu diketahui agar syarat pembebasan tanah harus lengkap. Begitu juga dengan usulan pengerasan jalan di areal Tanah Khas Desa.

” Mudah-mudahan tetap kita upayakan. Setidaknya satu atau dua usulan dari pertemuan kita malam ini bisa terealisasi kedepan. Usulan pagar mesjid, kita coba juga nanti. Dan memang untuk mesjid kita perlu juga,” katanya.

Poto bersama

Soal untuk 2024, Hurmin pun dengan santun akan maju ke DPRD Provinsi Jambi, iapun meminta doa dan dukungan dari masyarakat semoga langkah tersebut dapat berjalan dengan baik.

” Memang niat kedepan kalau badan sehat, akan maju ke DPRD Provinsi Jambi. Dan untuk calon Kepala Daerah kita lihat nanti,
Yakinlah, kalau niat baik kita kedepan bisa mendapatkan ridho Allah SWT. Dan mudah-mudahan pertemuan kita malam ini ada hikmahnya,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU