Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHKenduri Swarnabhumi Junjung Pusako, PJ Bupati Sarolangun Ikuti Rangkaian Kegiatan Senam Pagi,...

Kenduri Swarnabhumi Junjung Pusako, PJ Bupati Sarolangun Ikuti Rangkaian Kegiatan Senam Pagi, Parade Budaya dan Penanaman Pohon

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkompinda saat senam sehat bersama

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Kenduri Swarnabhumi dalam rangka festival tradisi junjung Pusako tahun 2023, Rabu (27/09/2023) di Desa Tanjung Gagak, Kecamatan Bathin VIII.

Sejumlah rangkaian kegiatan pun dilaksanakan dalam memeriahkan kegiatan tersebut, diantaranya senam pagi bersama, parade budaya, penanaman pohon hingga puncak tradisi junjung Pusako.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc pun menghadiri langsung rangkaian kegiatan tersebut, yang juga dihadiri Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius atas mewakili, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Henry M.Si, Kadis Dikbud Sarolangun Drs H M Arsyad, SH, M.Pd.I, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Selain itu hadir juga Camat Bathin VIII Aryo L Fajrin, Para Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Bathin VIII, Rombongan PKK Desa se-Kecamatan Bathin VIII, Tokoh Masyarakat Kab Sarolangun dan Tokoh Adat Kabupaten Sarolangun serta Masyakarat Kecamatan Bathin VIII.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat membuka parade budaya dalam kegiatan Kenduri Swarnabhumi tradisi junjung Pusako

Dalam kesempatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi ini diantaranya senam pagi, parade budaya dan penanaman pohon.

Hal itu merupakan menggambarkan hubungan budaya dan pelestarian lingkungan hidup yang harus terus diperhatikan.

” Alhamdulillah kita baru saja melaksanakan rangkaian acara Kenduri swarnabhumi di desa tanjung gagak, dengan tiga rangkaian acara, mulai senam bersama, parade budaya dan penanaman pohon,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan budaya junjung Pusako dijadikan sebagai kepercayaan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk dijadikan sebagai salah satu cagar budaya yang diangkat dalam kegiatan Kenduri Swarnabhumi.

” Kami berharap majunya budaya tentu majunya Indonesia dan berimbas terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dan kita berterima kasih kepada kemendikbud telah menjadikan Sarolangun sebagai salah satu daerah dalam pelaksanaan Kenduri Swarnabhumi,” katanya.

” Melestarikan cagar budaya nanti akan ada ritual yang akan dilakukan pada malam nanti dalam tradisi junjung Pusako yang sudah turun temurun dilakukan di desa tanjung gagak,” kata dia menambahkan.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri melakukan penanaman pohon di pinggiran daerah aliran sungai desa Tanjung Gagak

Dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman melakukan pelepasan parade budaya yang berlangsung dengan lancar serta menanami pohon di pinggiran daerah aliran sungai Desa Tanjung Gagak, Kecamatan Bathin VIII.

Penulisan: A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU