Senin, Juli 15, 2024
BerandaSOSIAL BUDAYAKeunikan Warga Desa Sungai Bemban Sambut Bulan Puasa, Gelar Tradisi Adat Penuh...

Keunikan Warga Desa Sungai Bemban Sambut Bulan Puasa, Gelar Tradisi Adat Penuh Makna

Ratusan Masyarakat Desa Sungai Bemban saat menggelar tradisi adat potong kerbau sambut bulan puasa

KABAR SAROLANGUN – Berbagai tradisi di lakukan oleh masyarakat Sarolangun dalam menyambut kedatangan bulan puasa ramadhan 1444 Hijriyah, salah satunya seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Sungai Bemban, Kecamatan Batang Asai.

Ratusan masyarakat melakukan kegiatan tradisi adat potong kerbau, Selasa (21/03/2023) dalam rangka menyongsong kegembiraan menyambut kedatangan bulan yang penuh berkah di bulan ramadhan.

Kepala Desa Sungai Bemban Suryadi mengatakan bahwa memang tradisi adat potong kerbau dalam menyambut bulan puasa merupakan tradisi yang sudah terjaga sejak dahulu. Dimana masyarakat akan berbondong-bondong melakukan pemotongan kerbau, kemudian dibagikan kepada masyarakat dan dimasak bersama.

” Hari ini kita melakukan tradisi adat potong kerbau, sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya dalam menyambut bulan puasa ramadhan,” katanya.

Kata Suryadi, kali ini kerbau yang dipotong ada sebanyak 9 ekor yang merupakan hasil iuran dari masyarakat di setiap RT Desa Sungai Bemban. Desa Sungai Bemban sendiri terdiri dari 12 RT serta lebih dari 1300 jiwa.

Ia berharap melalui kegiatan tradisi adat ini, seluruh lapisan masyarakat Desa Sungai Bemban untuk tetap bersatu padu dalam upaya menjaga silaturrahmi yang baik dan kekompakan antara satu warga dengan warga lainnya.

” Tradisi ini sudah terjaga dan dilestarikan, dan saya berharap adanya momentum potong kerbau ini, semoga semoga tradisi adat potong kerbau ini terus dilaksanakan dan ditingkatkan lagi untuk kedepannya demi menjaga keasrian adat istiadat desa sungai bemban,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU