PJ Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc saat jadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 di Kabupaten Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 tahun 2023 dalam rangka detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih, Kamis (17/08/2023) di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

Hadir dalam upacara tersebut Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd beserta ibu, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK beserta ibu, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius beserta ibu, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasuiton, SH, MH, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Sarolangun, Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Para Kepala OPD Dilingkungan Pemkab Sarolangun dan ribuan peserta upacara.

Dari pantauan langsung di lapangan, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berjumlah 33 orang ditambah personil TNI sukses dalam menjalankan tugasnya untuk menaikkan bendera merah putih yang diserahkan oleh Inspektur Upacara Bachril Bakri kepada petugas paskibraka pembawa baki bendera upacara untuk melaksanakan tugas mengibarkan bendera merah putih tepat pada 17 Agustus 2023 dalam peringatan HUT kemerdekaan RI ke-78.

Bendera Merah Putih berkibar di lapangan Gunung Kembang yang sukses dilaksanakan paskibraka Sarolangun 

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa dalam peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-78 ini mengajak seluruh lapisan masyarakat Sarolangun untuk mengisi hari kemerdekaan dengan meneladani semangat nasionalisme dan meneladani perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

” Alhamdulillah, kita melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, tadi sukses dilaksanakan. Kita harapkan momentum HUT kemerdekaan sebagaimana tema terus melaju untuk Indonesia maju, kita berharap makna perjuangan dalam kemerdekaan RI dapat kita teruskan dengan menyesuaikan dengan kondisi global saat ini di era digitalisasi saat ini,” katanya.

Bagi para generasi muda, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga meminta agar para anak muda mengisi kemerdekaan RI ke-78 dengan kegiatan yang positif sebab para generasi muda saat ini adalah generasi yang akan memajukan Indonesia menuju Indonesia emas 2045.

” Generasi muda bisa meneladani perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan RI dengan rela berkorban jiwa dan raga dalam merebut kemerdekaan dan sekarang kita mengisi kemerdekaan itu dengan baik sehingga Indonesia bisa maju dan sejahtera,” katanya.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyerahkan penghargaan kepada Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser dalam tanda kehormatan Satya lencana karya Satya kepada PNS yang penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah berdasarkan keputusan presiden RI, serta penyerahan bingkisan kepada veteran di Kabupaten Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap