Senin, Mei 20, 2024
BerandaKESEHATANPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Launching Perdana Rumah CETING Di Desa Sungai...

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Launching Perdana Rumah CETING Di Desa Sungai Keramat 

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melaunching Rumah CETING Desa Sungai Keramat

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, melakukan launching perdana dibentuknya Rumah Cegah Stunting (CETING) di Desa Sungai Keramat, Kecamatan Cermin Nan Gedang, Jumat (17/11/2023).

Rumah CETING ini merupakan salah satu inovasi baru yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam upaya pencegahan dan penurunan jumlah anak stunting di Kabupaten Sarolangun.

Tutur hadir langsung Bunda PAUD Kabupaten Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti Bachril, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kepala DPPKB Sarolangun Linda Novita Herawati, SH, MH, Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, DPPKB Sarolangun Eki Susanti.

Selain itu hadir juga Camat CNG Syahroni, Kepala Desa Sungai Keramat Hermansyah, para penyuluh KB, jajaran perangkat desa, tokoh masyarakat dan para orang tua serta puluhan anak yang beresiko stunting.

Poto bersama

Dalam sambutannya, Kades Sungai Keramat Hermansyah mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Bupati Sarolangun beserta jajaran Pemerintah Daerah yang telah melakukan launching untuk pertama kalinya rumah CETING di desa Sungai Keramat, dalam rangka upaya bersama untuk melakukan pencegahan terhadap anak stunting.

” Mudah-mudahan upaya ini dapat secara signifikan menurunkan jumlah anak stunting di Sarolangun dan kami harapkan pemerintah untuk terus memperhatikan masalah stunting yang menjadi titik berat program nasional,” katanya.

Senada dengan apa yang disampaikan Camat CNG Syahroni, mengatakan bahwa tentunya atas launching rumah CETING ini ia mengucapkan terima kasih kepada PJ Bupati Sarolangun beserta jajaran OPD khususnya DPPKB Sarolangun yang telah membuat pilot project di Desa Sungai Keramat dalam program rumah Ceting ini.

” Kami harap anak anak yang ada di desa sungai keramat khususnya dan umumnya kecamatan CNG bisa menjadi anak yang sehat tanpa beresiko stunting kedepannya. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menunjuk desa sungai keramat sebagai tempat rumah cegah stunting di kabupaten Sarolangun,” katanya.

Bunda Paud Sarolangun Ny Indah Dewi saat menyerahkan makanan tambahan berupa susu, telur dan roti

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa rumah CETING ini merupakan suatu rumah yang digunakan untuk membina keluarga yang beresiko stunting, melalui pelatihan-pelatihan, hingga pemberian makanan tambahan dan gizi bagi anak beresiko stunting secara rutin.

” Sehingga anak-anak yang tadinya motoriknya kurang bisa jadi lebih baik, dan tumbuh sehat serta berkembang baik, anak diberikan gizi dan makanan yang cukup baik untuk pertumbuhan supaya dia terhindar dari stunting, tapi dia beresiko stunting,” katanya.

Rumah Ceting ini, lanjut PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri bukan hanya di Desa Sungai Keramat, namun jumlahnya ada 22 Desa yang tersebar di seluruh kecamatan dengan jumlah dua desa yang dijadikan rumah Ceting di setiap kecamatan.

” Jadi ada 20 orang anak stunting di dalam satu rumah Ceting, dan kami harap ini program ini ada dua rumah stunting di setiap kecamatan dan totalnya di kabupaten Sarolangun menjadi 22 rumah Ceting,” katanya.

Iapun berharap program rumah Ceting ini dapat menjadi salah satu upaya bersama untuk mengintervensi penurunan stunting di kabupaten Sarolangun. Sebab, dalam rumah Ceting juga dilakukan pembinaan bagi masyarakat yang mau melangsung pernikahan dengan diberikan pemahaman terhadap kesiapan sejak mulai hamil hingga melahirkan anak sehingga bisa mencegah stunting.

” Ini bagus untuk bisa dipahami untuk putra dan putri untuk memahami resiko stunting karena pertumbuhan anak stunting banyak kelemahannya sehingga tidak bisa bersaing dengan anak anak lainnya, dan saya harapkan stunting di Sarolangun berkurang secara drastis di Kabupaten Sarolangun dengan adanya rumah Ceting ini di setiap kecamatan,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta ibu Ny Indah Dewi saat menyuapi anak-anak dengan makanan bergizi untuk mencegah stunting

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta Ibu Ny Indah Dewi Pangesti menyerahkan paket bantuan Telur, susu dan roti, serta menyuapi langsung makanan bergizi yang sudah dimasak dalam rumah CETING Desa Sungai Keramat tersebut, dan diakhiri dengan dengan Poto bersama.

 Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU