Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tanam Padi Sawah Di BBI Padi Kecamatan...

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tanam Padi Sawah Di BBI Padi Kecamatan Limun

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Kadis TPHP Sarolangun Dedy Hendry beserta jajaran saat melakukan gerakan tanam padi sawah di BBI Padi Kecamatan Limun

KABAR SAROLANGUN –Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.Ap, Sc dalam sela kegiatannya ke beberapa Kecamatan, mendatangi lokasi areal lahan sawah di Balai Benih Induk (BBI) Padi, Di Dusun Mengkadai, Desa Temenggung, Kecamatan Limun.

Kegiatan ini dalam rangka upaya pengendalian inflasi daerah serta menjaga ketersediaan beras di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kabid Tanaman Pangan Ramilus, serta jajaran Tripika Kecamatan Limun, dan para anggota kelompok tani setempat.

Kadis TPHP Sarolangun Dedy Hendry mengatakan bahwa di lokasi BBI padi Kecamatan limun ada lahan seluas 5 hektar, namun untuk saat ini baru 2 hektar dilakukan penanaman padi sawah.

Menurutnya, di lokasi tersebut masih ada kendala sumber air untuk 3 hektar lahan yang ada di BBI Padi Kecamatan Limun.

” Tadi kita menyaksikan pak bupati melakukan tanam padi di balai benih di desa mengkadai kecamatan limun. Dan insa Allah akan terus kita kembangkan dan setiap tahun kita ada di tanam namun memang jarang di ekspos, mudah-mudahan nanti kita lebih intens untuk mengembangkan ini,” katanya.

Poto bersama

Disebutkannya, untuk tanaman padi ini, Dinas TPHP Sarolangun sendiri bukan hanya fokus dalam penanaman padi sawah, tetapi juga padi ladang. Seperti di wilayah Kecamatan Batang Asai, Kecamatan Batang Asai, serta berbagai kecamatan lainnya.

” Seperti tadi gerakan turun betahun di kecamatan Batang Asai untuk bercocok tanam, ada juga padi ladang. Insa Allah Minggu depan juga kita akan tanam lagi di desa Bathin pengambang, batu Empang, dan beberapa desa di kecamatan Batang asia bagian atas,” katanya.

” Insa Allah ini terus, kita juga punya target untuk pengembangan padi sawah, mudah-mudahan ini bisa kita lakukan dengan menyesuaikan waktu tanam yang ada,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan baru kegiatan gerakan tanam padi sawah ini tentu dalam rangka menggerakkan untuk penanggulangan dan penanganan inflasi daerah serta upaya pengendalian harga beras, sehingga tiga bulan kedepan diharapkan panen dengan hasil yang bagus dan dapat mengendalikan harga beras sehingga tidak ada kenaikan.

Ini program berkelanjutan untuk  mengendalikan harga beras khususnya, kami menghimbau masyarakat juga yang mau tanam padi sawah agar tanamlah padi. Untuk saat Ini kita hanya di satu titik, di lokasi lahan balai benih padi Pemda melalui dinas TPHP, nanti akan dikelola dengan baik sesuai standar pengelolaan tanaman padi, yang bagus,” katanya.

” Kita selalu menghimbau kepada seluruh kecamatan atau desa yang punya lahan padi sawah, untuk menanam padi sawah segera karena sudah memasuki musim tanam agar Sarolangun tidak ada kekurangan beras,” kata dia menambahkan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU