Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPlh Sekda Sarolangun Buka Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sarolangun Tahun 2023

Plh Sekda Sarolangun Buka Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sarolangun Tahun 2023

Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendry, Kepala DPAD Sarolangun Waldi Bakri, Mantan Kepala DPAD Sarolangun Ali Amri dan Sekretaris DPAD Sarolangun Syamsurizal

KABAR SAROLANGUN – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun menggelar Pemilihan Duta Baca Kabupaten Sarolangun, Kamis (26/10/2023) di aula Kantor DPAD Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, diwakili Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, yang berjalan dengan lancar.

Tampak Kepala DPAD Sarolangun H A Waldi Bakri, S.IP, S.Sos, MM, turut mendampingi serta pejabat lainnya dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendry, mengatakan bahwa sesuai dengan amanat UU nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, Pemerintah Daerah mendorong dan menggerakkan budaya membaca di tengah masyarakat.

Untuk melakukan itu diperlukan duta baca seperti yang diselenggarakan pada hari ini, dengan harapan bisa mempromosikan budaya membaca di tengah masyarakat, dan buku merupakan gudangnya ilmu.

” Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan dalam aspek keberhasilan dari siswa, dan merupakan suatu proses yang dilakukan dan dipergunakan untuk memperoleh pesan dari yang disampaikan oleh penulis,” katanya.

Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendry memberikan sambutan

Dedy Hendry juga mengatakan pentingnya melakukan edukasi literasi bagi masyarakat, sebab literasi akan membantu anak untuk memahami orang lain dan dapat menyampaikan pikiran dan gagasan kepada orang lain, serta munculnya sikap keterampilan yang dibutuhkan.

Membangun literasi bagi peserta tentu upaya menimbulkan budaya membaca di tengah masyarakat, yang kelak akan berguna untuk kita dan akan di masa depan.

” Minat baca masyarakat di Indonesia masih tergolong rendah, dan kita memaklumi beberapa waktu dari pemerintah pusat kita juga mendapatkan bantuan pustaka keliling, dan sarana ini tidak semua masyarakat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik,” katanya.

Menurutnya, Duta Baca Kabupaten Sarolangun yang terpilih nantinya tentu harus dapat mengembangkan kemampuannya di tengah masyarakat untuk dapat menarik minat baca remaja khususnya, nantinya akan termotivasi untuk mengembangkan keterampilan sesuai yang ada pada dirinya masing-masing.

” Kompetisi ini diharapkan melahirkan insan pemuda dan pemudi yang berkualitas dan berpotensi serta berprestasi dari anak-anak Sarolangun kedepan. Jadilah anak-anak Sarolangun yang berprestasi sehingga bisa membanggakan daerah,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kepala DPAD sarolangun beserta jajaran yang telah melaksanakan kegiatan pemilihan duta baca ini, dalam rangka meningkatkan gemar membaca di tengah masyarakat, dimana nantinya diharapkan sebagai sarana pengetahuan bagi masyarakat.

” Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan pemilihan duta baca Kabupaten Sarolangun tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

Poto bersama

Dalam kegiatan pembukaan tersebut, Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendry, Kepala DPAD Sarolangun Waldi Bakri melakukan Poto bersama dengan jajaran dan seluruh peserta pemilihan duta baca Kabupaten Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU