Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHDeklarasi Pemilu Damai 2024, Ketua DPRD Sarolangun : Beda Pilihan Tapi Jangan...

Deklarasi Pemilu Damai 2024, Ketua DPRD Sarolangun : Beda Pilihan Tapi Jangan Menjelekkan Orang Lain 

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari saat menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu damai 2024

KABAR SAROLANGUN – Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, menghadiri kegiatan apel kebangsaan dan deklarasi pemilu damai 2024 dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman, damai, sejuk dan bermartabat, Sabtu (25/11/2023) di lapangan Mapolres Sarolangun.

Apel kebangsaan dan deklarasi pemilu damai 2024 tersebut dipimpin langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, bersama Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, yang dihadiri jajaran forkompinda,  penyelenggara pemilu, peserta pemilu dari seluruh parpol, lembaga adat, FKUB, Ormas, OKP dan Mahasiswa serta aparat keamanan.

Usai kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari mengatakan bahwa kegiatan deklarasi pemilu damai 2024 ini dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Khususnya di Kabupaten Sarolangun, melalui kegiatan ini memang diharapkan nantinya pelaksanaan pemilu berjalan dengan aman, lancar, sukses, jujur dan adil.

” Artinya harapan kita demokrasi benar-benar tumbuh dan berkembang di setiap daerah, khususnya di Sarolangun,” katanya.

Tontawi Jauhari juga bilang dalam pesta demokrasi pemilu 2024 ini tentu berbeda pilihan itu merupakan hal yang biasa terjadi, namun meski berbeda pilihan seluruh lapisan masyarakat diharapkan agar tidak saling menjelekkan antara satu calon dengan calon lainnya, apalagi mengecilkan orang lain.

” Sebab, kalau kita mengandalkan menjatuhkan orang lain untuk menaikkan kita inilah yang sering menimbulkan masalah di tengah masyarakat. Tetapi jalani saja percaya diri, insa Allah kita tidak melihat kiri dan kanan, cukup bercerita visi dan misi para caleg,” katanya.

” Usahakan mata pilih para pemilih ramai datang ke TPS, ketika jumlah pemilih tinggi maka insa Allah ada kemungkinan atas perjuangan kita tadi bisa duduk. Intinya pemilu damai ini adalah agar pemilu 2024 di Sarolangun damai, tentram dan sejuk sesuai dengan poin yang dideklarasikan tadi,” katanya.

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari bersama jajaran forkompinda Sarolangun

Dalam kegiatan tersebut, para stake holder terkait mulai dari tokoh masyarakat, penyelenggara pemilu, partai politik, relAwan, sayap partai, ormas, OKP dan mahasiswa mendeklarasikan sebagai berikut :

1. Siap menjaga Keutuhan Negara dan Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Hukum Konstitusi 1945.

2. Akan menjaga situasi Aman, Damai, Sejuk dan Bermartabat selama proses Pentahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

3. Membantu Panitia Penyelenggara Pemilu, Pemerintah, Tni dan Polri dalam mensukseskan Tahapan Pemilu Serentak 2024.

4. Tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum serta patuh terhadap ketentuan Peraturan Perundang-undangan, Aturan Kpu, Perda selama rangkaian Tahapan Pemilu Serentak 2024.

5. Mencegah segala bentuk tindakan Kejahatan, Tindakan Anarkis, tidak melakukan Penyebaran Ujaran Kebencian dan Hoax atas Dasar Sara Intoleransi Radikalisme Agama serta segala bentuk perbuatan yang dapat Memecah Belah Persatuan dan Kesatuan di Provinsi Jambi.

6. Mengutamakan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara di atas kepentingan Kelompok dan Golongan demi terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif selama Pemilu Serentak 2024.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU