Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHGedung Pasar Bawah Mau Dijadikan Pasar Jajanan Kuliner, Pemkab Sarolangun Kaji Anggaran...

Gedung Pasar Bawah Mau Dijadikan Pasar Jajanan Kuliner, Pemkab Sarolangun Kaji Anggaran Renovasi

 

Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun akan memfungsikan kembali gedung pasar bawah Sarolangun yang selama ini terbengkalai.

Rencananya bakal dijadikan sebagai pasar jajahan kuliner khas Sarolangun yang bisa menjadi salah satu tempat yang pas bagi masyarakat untuk menikmati kuliner sambil melihat pemandangan sungai Batang tembesi dan jembatan Beatrix Sarolangun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir Endang Abdul Naser mengatakan bahwa untuk pemanfaatan pasar bawah tersebut terlebih dahulu harus dilakukan renovasi gedung yang tentunya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, pasalnya kondisi gedung pasar bawah sudah banyak yang rusak.

“Nanti PKL akan ditempatkan di halaman parkir bawah, sambil kita membenahi gedung pasar bawah. Untuk anggaran renovasi pasar bawah ini masih dilakukan pengkajian berapa biayanya, karena kita tidak merubah struktur, hanya membongkar dinding saja,” katanya, Kamis (30/06/2022).

Sekda juga bilang bahwa nantinya setelah jadi pusat jajanan kuliner khususnya dibagian atas gedung pasar bawah, akan menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Sarolangun.

“Ekonomis tapi manfaat maksimal, jadi pusat jajanan kuliner di atas nantinya dengan melihat aliran sungai dan tempat PKL yang lama itu tetap kita jadikan taman,” katanya.

Selain itu, tim Percepatan Pemanfaatan pasar bawah dan penertiban PKL dalam waktu dekat ini akan melalukan pemindahan para PKL ke kawasan pasar bawah Sarolangun.

Namun karena adanya pedagang yang menyampaikan aspirasi ke DPRD Sarolangun, maka pihaknya pun duduk bersama dewan membahas terkait relokasi pedagang tersebut yang saat ini sudah disepakati oleh DPRD Sarolangun bersama Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

“Pemindahan PKL ini secepatnya akan dilakukan, kami sepakat kemarin bukan juli secara bertahap PKL sudah angsur-angsur pindah, namun karena ada miss komunikasi masyarakat dengan DPRD kita duduk bersama dengan dewan alhamdulillah kita sepakat dan kia pemerintah tidak akan menyusahkan masyarakat,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU